Senyum Sehat drg Widya
Selasa 29 Desember 2015 Volume 1, Number 2
Hot Topic

·    Kesehatan rongga mulut, berkorelasi di proses kehamilan.

·    Bakteri di infeksi gigi & gusi dapat migrasi ke rahim & sebabkan kelahiran prematur.

drg. Widya Apsari Sp.PM

Contact Us

Jln Benda Raya no 98G, Cilandak Timur, Pasar Minggu

www.difaohc.com

 

Sayang Anak Di Mulai Dengan Rajin Menjaga Kesehatan Bunda…

 

Sebagai orang tua tentu akan melakukan segala hal agar anak kita tumbuh dengan sehat, mulai dari saat si kecil masih di dalam kandungan maupun ketika sudah menginjak batita dan balita. Berbagai upaya tersebut biasanya dilakukan melalui konsumsi susu kehamilan, menjaga asupan gizi ketika hamil, dan juga komitmen pemberian ASI eksklusif, pemilihan makanan dan minuman yang bergizi yang terbaik, dan termasuk pergi ke dokter terbaik ketika si kecil sakit.

Namun ada satu hal yang tidak disadari dan terlewatkan oleh para orang tua, terutama ibu dalam menjaga kesehatan tubuh si kecil. Apa itu?

1.    Pada penelitian diketahui 18,4% kasus kelahiran bayi prematur disebabkan oleh infeksi pada gusi. Kesehatan rongga mulut, terutama gigi dan gusi memiliki korelasi yang erat dalam proses kehamilan. Adanya infeksi pada rongga mulut, seperti infeksi gigi dan gusi dapat membahayakan kehamilan dan bayi di dalam kandungan. Bakteri pada infeksi gigi dan gusi dapat bermigrasi kedalam rahim dan menyebabkan kontraksi dini pada kehamilan dan menyebabkan kelahiran bayi prematur dan melahirkan bayi dengan berat badan dibawah normal. (Systemic Diseases Caused by Oral Infection)

2.    Dari 17 penelitian yang ada, bakteri penyebab gigi berlubang (S. mutan) yang berasal dari ibu terdeteksi pada  24-100% bayi. Gigi berlubang pada bayi lebih dianggap sebagai penyakit menular dari ibu atau pengasuh pada si anak. Sehingga penting untuk ibu maupun pengasuh memiliki kebersihan rongga mulut yang baik agar tidak menulari bakterii penyebab gigi berlubang pada anak (Guide on Perinatal Oral Health CareRefrence Manual V37 No 6)

 

Nah, maka menjaga kesehatan si kecil bukan berarti segala sesuatunya berpusat pada kondisi si kecil semata. Namun ada juga kondisi dengan kita memperhatikan kesehatan dan kebersihan diri sendiri, berarti kita sebagai orang tua berupaya untuk menjaga kondisi kesehatan si kecil.

 

Yuk bunda, periksa kondisi gigi dan mulut kita demi kesehatan dan pertumbuhan optimal si kecil.

                                     –Salam Senyum Sehat–

 

 

 


Share:

Pedro

Leave a Comment

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.

...