Senyum Sehat drg Widya
Selasa 22 Desember 2015 Volume 1, Number 1
Hot Topic

·    Kesehatan berawal dari rongga mulut

·    Sikat gigi Minimal 2 kali sehari, sesudah makan dan sebelum tidur

drg. Widya Apsari Sp.PM

Contact Us

Jln Benda Raya no 98G, Cilandak Timur, Pasar Minggu

www.difaohc.com

 

Tubuh Sehat Lewat Kesehatan Rongga Mulut ? Emang Bisa??

 

Selama ini masyarakat lebih sering mendengar mengenai komplikasi yang timbul pasca perawatan gigi. Namun tahukah anda bahwa berbagai penyakit tubuh mengintai anda bila anda tidak menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Dikutip dari “Systemic Diseases Caused by Oral Infection” dalam jurnal Clinical Microbiology Reviews, Vol 13 No 4, Oct. 2000, p. 547–558, penyakit yang berhubungan dengan infeksi di rongga mulut antara lain:

1.    Penyakit jantung

Kita semua tau bahwa penyakit jantung identik dengan gaya hidup yang tidak sehat, seperti kurangnya aktivitas fisik, merokok, minum alkohol, makan makanan berlemak, juga akibat faktor genetik dan juga usia.Dan adanya penyumbatan pada pembuluh darah disebabkan oleh kadar kolesterol tinggi dalam darah.

Namun ternyata penyumbatan pembuluh darah dapat disebabkan oleh  sumbatan oleh bakteri yang berasal dari infeksi di dalam rongga mulut, terutama infeksi gigi dan gusi.

2.    Infeksi paru-paru

Infeksi paru-paru yang dikenal dengan nama pneumonia merupakan kondisi yang sering dialami oleh lansia di atas 65 tahun, dan menjadi penyebab kematian pada 1 % populasi (1,000 orang pada 100,000 orang populasi).

Kondisi pneumonia ini juga dapat disebabkan oleh bakteri rongga mulut yang terhisap masuk ke dala m paru-paru. Lagi-lagi bakter rongga mulut yang menyebabkan kondisi ini adalah bakteri pada infeksi gigi dan juga gusi.

3.    Kelahiran bayi prematur, dan keguguran

Infeksi rongga mulut berkontribusi pada terjadinya kelahiran bayi dengan berat badan dibawah normal (kurang dari 2500 g). Mengapa hal ini terjadi? Lagi-lagi hal ini disebakan oleh bakter rongga mulut yang masuk ke sistem reproduksi dan menyebabkan kontraksi dini pada rahim, sehingga bayi yang lahir adalah prematur dan juga dengan berat badan di bawah nomal. Kondisi ini tentu dapat menyebabkan peningkatan kasus kematian pada bayi.

4.    Diabetes melitus

Penyakit diabetes ini erat kaitannya dengan kondisi rongga mulut, karena adanya kadar gula yang tinggi pada seseorang akan menyebabkan peningkatan infeksi gusi, sedangkan infeksi gusi tersebut dapat juga menjadi pemicu dalam peningkatan kadar gula darah seseorang.

Tentu semua orang berharap dapat menjalani kehidupan sampai tua dengan kondisi tubuh yang sehat dan bugar, oleh karena itu selain pola makan dan pola hidup yang sehat, kita harus menjaga kesehatan rongga mulut.

Mulai biasakan menyikat gigi 2 kali sehari setelah sarapan dan sebelum tidur,dan rutin memeriksakan kondisi rongga mulut dan membersihkan karang gigi ke dokter gigi.

                                     –Salam Senyum Sehat–

 


Share:

Pedro

Leave a Comment

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.

...