Senyum Sehat drg Widya
Selasa 5 January 2016 Volume 2, Number 1
Hot Topic

·    Pola makan salah dapat sebabkan resiko gigi berlubang

·    Air putih ini adalah nutrisi terpenting dalam cegah gigi berlubang

drg. Widya Apsari Sp.PM

Contact Us

Jln Benda Raya no 98G, Cilandak Timur, Pasar Minggu

www.difaohc.com

 

Sudah Rajin Sikat Gigi Kok Gigi Tetap Saja Berlubang ??

 

Kita semua semua tahu bahwa untuk mencegah terjadinya gigi berlubang kita harus menyikat gigi minimal 2 kali sehari, yaitu pagi setelah sarapan dan juga malam  sebelum tidur. Namun terkadang ada juga kasus dimana sudah rajin menyikat gigi namun gigi berlubang terus muncul.

Tahukah anda proses terjadinya gigi berlubang tidak sesimpel karena rajin sikat gigi atau tidak. Jenis makanan dan pola makan kita pun memiliki peranan dalam terjadinya gigi berlubang.

Yuk mari kita cari tahu pola makan yang dapat menyebabkan peningkatan resiko terjadinya gigi berlubang..

1.    Jenis makan

Ternyata makanan atau minuman yang kita konsumsi juga akan menentukan apakah kita memiliki kecenderungan terjadinya gigi berlubang atau tidak. Selain makanan/minuman yang mengandung gula, ternyata makanan/minuman tinggi karbohidrat juga termasuk dalam makanan/minuman yang menyebabkan gigi berlubang.

Beberapa jenis makanan/minuman yang beresiko tinggi menyebabkan gigi berlubang antara lain minuman energi, nasi, pisang, keripik kentang, biskuit, pasta, cereal, jus buah, buah kaleng, buah segar, buah kering, sayur yang dimasak, kentang goreng, permen, ice cream, dan juga permen pereda batuk.

Sedangkan makanan/minuman yang beresiko rendah menyebabkan gigi berlubang adalah makanan/minuman yang tinggi protein dan lemak seperti daging merah, daging ayam, ikan, susu, keju, margarin, mentega, yougrut, juga satur mentah, kacang-kacangan, dan juga pemanis non gula seperti xylitol.

2.    Frekuensi makan

Frekuensi makan juga ternyata memiliki pengaruh tehadap resiko terjadinya gigi berlubang. Menurut penelitian makin seringnya frekuensi makan seseorang, akan meningkatkan resiko gigi berlubang.

3.    Konsumsi air putih

Air putih ini merupakan nutrisi yang tidak kalah penting, namun terkadang diabaikan oleh kita. air putih ini merupakan komponen terpenting dalam terbentuknya air ludah. Dimana air ludah ini mengandung berbagai mineral pencegah terjadinya gigi berlubang, seperti kalsium. fosfat, dan mineral yang penting untuk gigi.

Air ludah dapat merangsang remineralisasi atau terbentuknya kembali mineral gigi pada lubang gigi kecil. Selain itu, air ludah juga mengandung protein antibakteri sehingga bersama dengan aliran air ludah yang timbul dapat membersihkan gigi dari sisa makanan yang dapat menyebabkan gigi berlubang

Sehingga bila anda merasa sudah rajin menyikat gigi namun gigi anda tetap berlubang. Mari kita ingat-ingat lagi bagaimana pola makan anda. Apakah ternyata anda suka nyemil keripik kentang sepanjang hari, atau anda sering mengganti konsumsi air putih dengan teh manis? Atau anda rajin menyikat gigi anak anda namun anda juga membiarkan anak anada minum susu formula sepanjang malam ? atau anda juga membiarkan anak anda mengemut nasi sepanjang waktu makan ?

 

Yuk sudah saatnya kita melakukan pola hidup sehat, bukan demi tubuh yang sehat, namun untuk rongga mulut yang sehat, demi mendapatkan tubuh yang sehat.

                                     –Salam Senyum Sehat–

 

 


Share:

Pedro

Leave a Comment

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.

...