Difa OHC, Rumahnya Senyum Sehat
Selasa 12 January 2016 Volume 1, Number 1
Hot Topic

·    Opini mayoritas masyarakat perawatan gigi menguras kantong dan menyakitkan

·    Lima strategi untuk mencegah sakit gigi

drg. Widya Apsari Sp.PM

Contact Us

Jln Benda Raya no 98G, Cilandak Timur, Pasar Minggu

www.difaohc.com

 

Yuk, Bersama Menuju Indonesia Bebas Gigi Berlubang

 

Berdasarkan survey kecil-kecilan yang kami lakukan dari Difa Oral Health Center, mayoritas masyarakat mengganggap dokter gigi sebagai hal yang menguras kantong dan menyakitkan. Kenapa perawatan ke dokter gigi menjadi mahal? karena tentu bahan kedokteran gigi itu berkualitas itu mahal juga harganya.

Nah bagaimana menghindari perawatan yang mahal ini? Ya tentu anda harus mulai rajin merawat kebersihan dan kesehatan gigi dan mulut anda, supaya terhindar dari gigi berlubang, gigi goyang, sakit gigi, dan gigi yang hilang karena dicabut ataupun lepas sendiri.

Bagaimana merawat kesehatan dan kebersihan gigi, agar terhindar dari gigi berlubang? Berikut dikutip dari Buku STRATEGIES TO PREVENT DENTAL CARIES IN CHILDREN AND ADOLESCENTS :

1.    Pengaturan makanan.

Di sesi sebelumnya sudah dibahas mengenai makanan apa saja yang dapat mencegah dan juga menyebabkan gigi berlubang. Yuk coba disiplinkan diri sendiri dan juga anak anda soal konsumsi makanan sehat demi gigi yang sehat dan bebas lubang.

2.    Aplikasi fluor pada permukaan gigi

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa flour merupakan zat yang terdapat pada pasta gigi yang berguna untuk mencegah terjadinya gigi berlubang. Tahukan anda selain dari pasta gigi, untuk lebih optimalkan perlindungan terhadap gigi belubang melaui fluor dapat dilakukan melalui aplikasi fluor pada permukaan gigi dengan produk-produk pencegahan gigi di dokter gigi. Berbagai produk topikal fluor disediakan di dokter gigi, jadi tidak ada salahnya coba anda bertanya kepada dokter gigi langganan anda untuk bertanya mengenai produk aplikasi topikal fluor.

3.    Fissure and pit sealant / menutup ceruk pada permukaan gigi

Kita semua sudah tahu bahwa gigi berlubang terjadi ketika sisa makanan terjebak dipermukaan gigi. Nah tahukah anda daerah gigi yang paling cepat berlubang? Yaitu daerah permukaan kunyah pada gigi geraham, lebih tepatnya pada gigi geraham pertama bawah.

Hal ini terjadi karena pada gigi geraham terdapat ceruk-ceruk yang sering menyebabkan makanan terjebak tanpa kita sadari. Sedangkan kenapa gigi geraham pertama yang sering lubang? karena gigi ini adalah gigi tetap pertama yang tubuh, yaitu pada usia 6-7 tahun. Jadi gigi geraham pertama ini merupakan gigi yang sangat berjasa karena membantu kita mengunyah makanan sedari kita kecil

Nah disini lah fungsi dari fissure and pit sealant, daerah ceruk di permukaan gigi geraham tersebut akan ditutup oleh dokter gigi sebelum terjadinya lubang, agar tidak ada sisa makanan yang terjebak, yang menimbulkan potensi terjadinya gigi belubang.

umumnya prosedur ini dilakukan pada anak-anak usia 6-7 tahun ketika gigi geraham pertamanya sudah tumbuh, untuk menghindari terjadinya gigi berlubang di kemudian hari. Harga perawatan fissure and pit sealant ini pun lebih murah dari pada prosedur penambalan gigi ketika gigi sudah telanjur berlubang.

4.    Menyikat gigi dengan tepat

Semua tahu bahwa menyikat gigi yang paling tepat adalah ketika setelah sarapan dan sebelum tidur. Namun kebiasaan ini menjadi sulit untuk dilakukan, ketika sudah didera rasa kantuk. Nah daripada anda menghabiskan uang untuk ke perawatan gigi ke dokter gigi, yang pada akhirnya membuat anda ngedumel sebulan penuh karena jatah beli baju anda lari ke dokter gigi. Sebaiknya anda kalahkan rasa kantuk sebentar dan menyikat gigi 2 menit, baru melanjutkan tidur lagi.

 

Sumber:

http://www.dentalhealth.ie/download/pdf/shortguidelines.pdf

 

                                     –Salam Senyum Sehat–

 

 


Share:

Pedro

Leave a Comment

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.

...